Manfaat Mengkonsumsi Kembang Kol Bagi Tubuh dan Hati

Kalau anda suka mengkonsumsi sayur sop, pastinya anda juga suka dengan kembang kol yang pastinya selalu menjadi sayuran pelengkap di dalam sayur sop. Rasanya enak dan memang sangat cocok sekali jika dimasak menjadi pelengkap sayur sop. Selain enak, kembang kol juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam kembang kol sama seperti brokoli yang memiliki zat anti kanker. 


Tidak heran karena keduanya memang berasal dari suku tumbuhan yang sama. Berikut ini adalah manfaat dari mengkonsumsi kembang kol secara rutin. 

Membantu liver menawarkan racun tubuh

Kembang kol memiliki kandungan glucosinolates dan juga tiosianat yang dapat membantu fungsi hati dalah hal menetralkan berbagai macam zat yang dapat berpotensi menyebabkan kanker dan masalah lain di dalam tubuh. Ditambah lagi dengan bantuan glutahione transferse, glucuronosly transferse dan juga quinone reductase yang dapat membantu proses detoksifikasi. Dan sebagai pengetahuan, sebaiknya anda menghindari untuk tidur terlalu malam karena liver akan melakukan detosifikasi besar-besaran pada saat malam dan saat kondisi tubuh sedang tidur lelap.

Mencegah kanker

Dari hasil study atau penelitian yang dilakukan dengan melibatkan hewan dan juga manusia, menunjukkan bahwa kembang kol dapat membantu tubuh untuk membentengi diri dari berbagai kanker. Di antara beberapa jenis kanker yang dapat dicegah yaitu adalah kanker paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker kandung kemih dan juga kanker ovarium.

Membantu mencegah munculnya penyakit arthritis rheumatoid

Kembang kol mengandung banyak vitamin yang dapat memberikan manfaat sebagai pelindung terhadapat inflamasi karena polyarthritis, yaitu sebuah arthritis rheumatoid yang dapat mempengaruhi dua atau lebih sendi yang ada di dalam tubuh.

#sehat


Sumber : Najla najwa