Inilah Panduan Cara Diet Sehat yang Benar Menurut Dokter

Hasil gambar untuk dietBanyak orang yang tak merasa bahwa dirinya sekarang gemuk, mungkin faktor makananlah yang membuat tubuh menjadi gemuk. Kalau gemuk saja mungkin tak apalah, tapi kalau kegemukan ini akan menyiksa raga.  Nah, ketika gemuk melanda jiwa, apalagi seorang wanita muda, maka perasaan minder mulai menyala, seakan-akan dunia sempit tiada tempat baginya berada. Diet merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Karena menurunkan badan dengan diet akan membuat berat badan yang berlebih turun dengan maksimal, asalkan dilakukan dengan benar. Bagi Anda yang sedang merencanakan program diet, berikut ini adalah beberapa cara diet sehat dan cepat yang bisa anda coba :
1. Olahraga
Salah satu cara diet sehat dan cepat yang paling banyak dilakukan adalah dengan olahraga. Olahraga dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga yang dapat Anda lakukan seperti lari, gym, senam, yoga, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk hasil yang maksimal lakukan olahraga tiga kali seminggu, dan lakukanlah secara teratur. Olahraga juga dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat, karena itu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Racun yang ada pada tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat, sehingga olahraga sangat membantu dalam menjaga kesehatan.

2. Hindari tidur siang
Banyak orang yang percaya bahwa tidur siang akan membuat tubuh cepat gemuk. Bagi Anda yang percaya akan hal ini, perlu juga dipertimbangkan. Karena tidur yang baik adalah pada malam hari yaitu delapan jam sehari. Apabila terpaksa untuk tidur siang, Anda cukup tidur selama satu sampai dua jam untuk menghilangkan rasa lelah.

3. Pola makan yang diatur
Cara diet sehat dan cepat lainnya yaitu dengan pola makan yang dijaga dengan baik. Pola makan tersebut seperti tetap makan secara teratur yaitu sarapan, makan siang, dan bila perlu makan malam. Walaupun diet makan itu penting dan harus tetap dilakukan. Yang perlu dijaga hanya menu makanannya, dimana harus rendah kalori dan sehat.
Menu makan yang sangat baik dan juga sehat untuk diet seperti sayuran dan buah-buahan. Mengapa demikian? Karena sayuran dan buah mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan juga kalori yang rendah. Karena itu sangat sehat untuk menu saat diet.

4. Minum air putih yang cukup
Minum air putih dengan cukup dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karena air putih akan menetralisir kolesterol serta racun dalam tubuh. Manfaatnya tersebutlah yang membuat air putih sangat baik untuk diminum setiap hari dalam jumlah yang cukup. Minum air putih dianjurkan 8 gelas sehari untuk menjaga tubuh tetap sehat.

5. Hindari makanan berlemak
Makanan berlemak merupakan makanan yang sangat tidak baik untuk dikonsumsi ketika diet. Karena makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol, serta kalori dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi secara terus-menerus. Untuk itu cara diet yang sehat dan cepat sebaiknya hindari makanan yang berlemak. Makanan ini seperti gorengan, fast food, makanan bersantan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Melakukan program diet memang memerlukan usaha yang keras serta tekun supaya hasilnya maksimal. Dengan melakukan cara diet sehat dan cepat dengan benar, maka tubuh dengan berat yang ideal akan segera didapatkan. Dengan begitu Anda akan tampil lebih percaya diri lagi saat tampil di depan umum. 
Sumber: tipsehat.info