Hukum Mengeraskan Suara (Menzaharkan suara) dan tidak (syiri )dalam bacaan sholat lima waktu.





Hukum Mengeraskan Suara (Menzaharkan suara) dan tidak (syiri )dalam bacaan sholat lima waktu.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSmAvpDidCQFnFsBe-Hi8louEloL6Av6gLyXbZ9BkVkTtofVPzj
Image Illustration: encrypted-tbn0.gstatic.com
Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman.
Sebagai orang awam belum pernah membaca Fiqih Islam, kita sering melihat kebiasaan sholat lima waktu Subuh, Maghri, Isya' Imam membaca ayat ayat Alquran dengan suara keras (Zahar), tetapi berbeda saat sholat lima waktu zuhur atau lohor serta Asyar suara imam di rendahkan (Syiri) bahkan tidak terdengar sama sekali. 

Disunnahkan menjaharkan (mengeraskan) bacaan dalam shalat Shubuh dan dua rakaat pertama pada shalat Maghrib dan Isya'. Ini berlaku bagi Imam dan munfarid (orang yang shalat sendiri).
Menjaharkan bacaan ini juga berlaku pada shalat Jum'at, shalat dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha), shalat gerhana bulan, shalat istisqa', shalat Tarawih dan Shalat nafilah di malam hari. Selain yang disebutkan disunnahkan untuk men-sirri-kannya (memelankannya).

Permasalahan jahar dan siri dalam bacaan bukan persoalan fardhu atau sunnah yang diharuskan untuk sujud sahwi saat menyalahinya. Tapi ia salah satu dari bentuk tatacara shalat yang pelakunya diberi pahala atasnya. Sedangkan yang meninggalkannya tidak berdosa.
Perdapat keterangan bahwa sebab turunnya firman Allah Ta'ala:

وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلاً

"Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (QS. Al-Isra': 110)

saat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam masih di Makkah. Apabila beliau shalat bersama para sahabatnya, beliau meninggikan suaranya saat membaca Al-Qur'an. Ketika kaum musyrikin mendengarnya maka mereka mencaci Al-Qur'an, mencaci Zat yang menurunkannya dan orang yang menyampaikannya. Lantas Allah Ta'ala berfirman kepada Nabi-Nya Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu." Maksudnya: Jangan keraskan bacaanmu sehingga orang-orang musyrik mendengarnya.
"Dan janganlah pula merendahkannya," maksudnya: dari para sahabatmu sehingga mereka tidak mendengar Al-Qur'an. "Dan carilah jalan tengah di antara kedua itu."
Dari sini menjadi jelas persoalan, menjaharkan (mengeraskan) bacaan pada shalat Maghrib, Isya' dan Shubuh serta memelankan bacaan(mensiri bacaan) pada shalat Zuhur dan Ashar adalah pengamalan saat pertama disyariatkan. Yakni saat kaum muslimin tidak menjaharkan bacaan Al-Qur'an di siang hari khawatir atas celaan kaum musyrikin.
Adapun membaca secara jahar pada shalat Jum'at, dua hari raya, shalat istisqa' dan selainnya adalah karena shalat-shalat tersebut disyariatkan di Madinah sesudah hijrah, di mana saat itu kaum muslimin memiliki kekuatan dan daulah.
Wallahu Ta'ala A'lam.

Wasalam mualaikum Wr Wb.
Frans Syukri.D Syahrial.
===================