Makanan Khas Palembang

pempek yang bentuknya panjang, pempek lenjer sedangkan yang agak besar, pempek kapal selam. 
 
Siapa yang belum pernah mencicipi pempek dan makanan khas Palembang lainnya? Wow dijamin ketagihan kalau sudah tersentuh lidah! Pempek, salah satunya yang sangat terkenal. Tapi tahukah teman-teman kalau nama pempek itu berasal dari mana? 
Pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. Menurut cerita rakyat terdahulu, seorang "apek" berusia 65 tahun yang tinggal di tepian sungai Musi merubah tradisi masyarakat setempat yang selalu memanfaatkan ikan untuk digoreng atau dipindang. Si apek mencoba alternatif lain dalam mengolah ikan.
Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka. Makanan tersebut dijual oleh para apek dengan bersepeda
Pempek juga bisa disantap dengan mie kuning, timun!Nyam..nyam!
keliling kota. Sambil bersepeda, mereka meneriakkan, "pek...apek". Oleh karena itu, makanan tersebut dikenal dengan sebutan empek-empek atau pempek.
Ada jenis pempek yang dihidangkan dengan cuka. Seperti, pempek lenjer yang berbentuk panjang, pempek keriting, pempek kulit dan pempek adaan yang berbentuk bulat. Selain itu ada juga pempek isi, pempek telor yang berukuran kecil, pempek kapal selam berukuran besar, pempek pistel, dan pempek tahu. 
Tekwan, sedaaap manntaaap!
Buat kamu yang suka makanan panggang, ada juga nih, pempek yang dipanggang, seperti, otak-otak dan lenggang. Bentuknya memanjang, agak pipih tapi rasanya enak.

Selain Pempek, Palembang memiliki makanan khas lainnya yang berbahan dasar ikan, seperti model, tekwan, serta kerupuk Palembang yang dikenal dengan sebutan kemplang. Kemplang juga bermacam-macam jenisnya.  Mulai dari kemplang goreng, panggang dan kerupuk. Inilah info yang say dapatkan tentang makanaan khas wong Palembang.

Sumber: http://gustitrisno.blogspot.co.id