Kewajiban kita di bulan Ram,adhan



Ramadhan tinggal menunggu hari lagi, sudah barang tentu banyak ibu-ibu yang sibuk dalam mempersiapkan diri dalam bulan Ramadhan. Seperti mempersiapkan uang belanja yang ekstra dan segala macam. Namun, puasa bukanlah menambah hemat malah menambah bengkak pengeluaran.
Inilah kesalahan umat islam  selama ini. Padahal, Puasa itu sederhana saja, mengurangi makan dan minum bukannya menambah koleksi kuliner dan akhirnya berakhir di wc. 


Sahabat Murataraku yang dirahmati Allah Swt, bukan itu yang semestinya kita persiapkan, namun ada hal yang leih penting dari itu yang mesti kita persiapkan, agar puasa kita menjadi Amal ibadah dan diterima oleh sang pencipta. Adapun yang perlu dipersiapkan, yaitu:
1.   Jagalah sholatmu.
Terkadang orang yang berpuasa ada yang menelantarkan sholat padahal sholat merupakan tiangnya agama dan meninggalkannya termasuk ke dalam kekufuran.
2.   Jagalah puasa wajib Ramadhan.
Nabi صلى الله عليه وسلم pernah melihat di dalam mimpinya sebuah kaum  :
مُعَلَّقِيْنَ بِعَرَاقِيْبِهِمْ، مُشَقَّقَةً أَشْدَاقُهُمْ، تَسِيلُ أَشْدَاقُهُمْ دَمًا. قُلْتُ: مَا هَؤلاء قَالَ: هَؤلاء الَّذِيْنَ يُفْطِرُوْنَ قَبْلَ تَحِلَّةِ صَوْمِهِمْ
Yang digantung terbalik dengan kepada di bawah, mulut-mulut mereka robek dan dari mulut mereka darah bercucuran. Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata : ”Siapakah mereka ini?” (Malaikat) menjawab : ”mereka adalah orang yang berbuka sebelum halal puasa mereka.” [Sebelum halal puasa mereka yaitu sebelum waktu berbuka]. (Dishahihkah al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi).
Barangsiapa yang membatalkan puasanya sehari dengan sengaja maka wajib atasnya menggantinya dan bertaubat.

3.    Berhati-hatilah dari berbuka puasa di hadapan manusia, sebagai implementasi sabda Nabi صلى الله عليه وسلم:
كُلُّ أُمَّتِيْ مُعَافىً إِلاَّ المُجاَهِرِيْنَ
“Seluruh umatku terampuni kecuali mujahir (orang yang menampakkan kemaksiatan).” (Muttafaq ’alaihi).
Ath-Thibi berkata: ”Setiap umatku diampuni dari ghibah kecuali orang-orang yang menampakkan (dosa). Membatalkan puasa adalah suatu keberanian atas Alloh, meremehkan Islam dan kelancangan terhadap manusia. Ketahuilah barangsiapa yang tidak berpuasa maka tidak ada ied atasnya, karena ied itu adalah suatu kegembiraan besar dengan menyempurnakan puasa dan diterimanya ibadah.”
3.   Jadilah orang yang berakhlak baik,

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda :
إِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلاَ يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ
“Apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengumpat (yarfuts) dan jangan pula membentak-bentak (yaskhob). Apabila ada seorang yang mencela atau menganiayanya, maka katakanlah : sesungguhnya aku seorang yang sedang berpuasa.” (Muttafaq ’alaihi).
[mengumpat : mengucapkan kata kotor, membentak : mengangkat suara].

4.   Menjaga lisan dari ghibah (menggunjing), berdusta dan selainnya.

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda :
مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَعَمِلَ بِهِ فَلَيْسَ للهِ حَاجَةً فِى أَنْ يَدَعْ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta atau melakukan kedustaan, maka Alloh tidak butuh akan (puasanya yang) meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari)
Dan sabda beliau :
كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَمِهِ إِلاَّ الظَّمَأ
“Betapa banyak orang yang berpuasa, namun dia tidaklah mendapatkan dari puasanya melainkan hanya dahaga.” [Shahih, HR ad-Darimi].

5.   Bacalah risalah seputar masalah puasa dan selainnya,
supaya anda dapat mengetahui hukum-hukum seputar puasa sehingga anda dapat mengetahui bahwa makan dan minum karena lupa tidaklah membatalkan puasa, jinabah (berkumpul dengan isteri atau mimpi) pada malam hari tidaklah mencegah puasa, walaupun yang wajib adalah menghilangkan junub-nya untuk berthoharoh dan sholat. 
Sumber: Ibnu Majjah.com